Laporan Survey Tengah Semester Ganjil 2023

Berdasarkan Kuisioner yang disebarkan kepada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran didapatkan responden sebanyak 1.340 responden dengan persentase per program studi yaitu:

  • D3 Teknik Mesin sebanyak 18%
  • D3 Teknik Alat Berat Sebanyak 61 %
  • D4 Teknik Manufaktur sebanyak 19%, dan
  • D4 Rekayasa Perancangan Mekanik sebanyak 2%

Dengan mekanisme setiap satu orang mahasiswa mengisi survey sebanyak mata kuliah yang mereka ikuti pada semester ganjil tersebut.

Responden Berdasarkan Program Studi

Dari Total 245 responden dari program studi D3 Teknik Mesin 75% diantaranya merupakan tingkat I, 16% diantaranya merupakan Tingkat II dan sisanya merupakan tingkat III yaitu 9%.

Dari total 821 responden yang berasal dari program studi D3 Teknik Alat Berat, 22% diisi oleh kelas I.A, 14% oleh kelas I.B, sedangkan I.C sebanyak 21%. Tingkat II.A berpartisipasi sebesar 19%, II.B sebanyak 10% sedangkan 14% merupakan partisipasi dari kelas II.C. Sedangkan kelas III tidak mengikuti survey karena mereka sedang melaksanakan OJT di Industri.

Program studi D.IV Teknik Manufaktur mendapatkan responden sebanyak 249 orang, 28% dari kelas I.A, 38% dari Kelas I.B, 5% dari kelas II.A dan 1% untuk kelas II.B sedang untuk kelas III.A dan III.B berpartisipasi masing-masing 18% dan 10%.

Program Studi D.IV Rekayasa Perancangan Mekanik kelas I.A merespon sebanyak 48% sedangkan 52% dari kelas II.A dari total responden sebanyak 25 responden.

Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran

  • Dosen memulai dan mengakhiri perkuliahan sesuai waktu yang telah ditentukan ((Reliability)
  • Dosen tanggap dan mudah ditemui untuk keperluan konsultasi laporan atau materi kuliah (Responsiveness)
  • Dosen mampu menggunakan metoda dan media pembelajaran sesuai dengan keahlian/pengalamannya (Assurance)
  • Dosen mudah dihubungi dan bersikap baik dan bersahabat kepada mahasiswa serta bersedia membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan studi (Empathy)