Selamat Jurusan Teknik Mesin Raih 3 Penghargaan di RESPEX 2023

Regional Educators, Students Product’s Exhibition (RESPEx) adalah sebuah acara terbuka untuk semua mahasiswa yang berpartisipasi untuk mendapatkan pengakuan atas penemuan kreatif mereka yang hebat dan menawarkan kesempatan yang menarik untuk memamerkan penemuan tersebut ke industri Internasional. Respex adalah ajang perlombaan internasional yang diikuti oleh beberapa negara seperti Malaysia, Indonesia ,Kamboja, Laos, Korea, dan Brunei Darussalam.  Kategori produk yang dipamerkan tersebut terdiri atas 10 kategori yaitu 1. Civil engineering 2. Mechanical  engineering & automotive 3. Electrical and electronics engineering 4.  Architectural 5. Art, multimedia graphic and design 6. Teaching and learning 7. hospitality 8. Fashion and beauty 9.business, marketing & interpreneurship 10.infotmation technology. Dari 10 Kategori yang dipamerkan Jurusan Teknik Mesin berpartisipasi dalam 2 kategori yaitu kategori 2 dan 5. Alhamdulilah Jurusan Teknik Mesin memenangkan kedua kategori tersebut.  2 Best Category yang dimenangkan adalah Best Category 2 yaitu Mechanical Engineering & Automotive dan Best Category 5 yaitu Art, Multimedia, Graphic and Design. Kemudian untuk ajang kontes tersebut Politeknik Negeri Padang berada pada Best 4th Respex 2023.

Best Category 2 yaitu Mechanical Engineering & Automotive diraih oleh Marapi Evo 1 Car yang dibimbing oleh Prof. Dr. Dra. Yuli Yetri, M.Si.  Anggota tim Marapi terdiri dari Nurul Izza, Widia Rahmadani, Asadurrofiq, Muhammad Ihsan. Tim Marapi meluncurkan Marapi Evo 1 sebagai produk andalan karena keunggulannya dalam efisiensi bahan bakar dan aerodinamika mobil. 

Keunggulan dari mobil ini dilampirkan dalam bentuk report , brosur dan video review. Mobil Marapi evo 1 adalah sebuah rancangan mobil masa depan yang memiliki tiga roda. Konsep ini sendiri disebut Narrow three wheel vehicle yaitu salah satu inovasi di bidang otomotif untuk menggabungkan kelebihan yang dimiliki oleh motor dan mobil. Konsep dari narrow three wheel vehicle adalah membuat kendaraan yang mampu bermanuver dengan lincah seperti motor tetapi memiliki nilai kenyamanan dan keamanan yang lebih tinggi seperti mobil. Narrow three wheel vehicle seringkali dirancang dengan konsep kendaraan roda tiga dengan batasan panjang dan lebar tertentu. Narrow three wheel vehicle adalah sebuah konsep mobil perkotaan masa depan sehingga sudah banyak penelitian mengenai mobil ini. Bahkan beberapa produsen otomotif sudah melakukan produksi untuk kendaraan ini.

Best Category 5 yaitu Art, Multimedia, Graphic and Design dimenangkan oleh Smart Bracelet (Prevention of Sexual Harassment)

Selain memenangkan 2 Best Category, Jurusan Teknik Mesin juga memperoleh The Best Fourth of RESPEx 2023 Marapi EVO 1 Car. Tim Marapi berhasil mendapat peringkat 4 dari 137 judul yang diusulkan dari berbagai negara, berkat keunggulannya dalam efisiensi bahan bakar dan aerodinamika mobil dan tentunya berkat kerjasama tim dan juga bimbingan dari dosen mereka.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these