Jurusan Teknik Mesin Lakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pembuatan Alat Trainer Starting System Untuk Media Praktikum Jurusan Kendaraan Ringan SMK Dhuafa Padang

Rabu 2 Agustus 2023 Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Jurusan Teknik Mesin yang diketuai oleh Bapak Rivanol Chadry, ST.,MT kunjungi SMK Dhuafa Padang dalam upaya  untuk membantu membuat alat Trainer Starting System sebagai media praktikum Jurusan Kendaraan Ringan, hal ini merupakan bentuk usaha berkelanjutan untuk mengangkat standar pendidikan di sektor otomotif.

Tidak hanya itu tim yang beranggotakan Hendra, ST.,MT. Desmarita Leni. D, S.Pd.,M.T. dan Evandli Viprino Roza, A.Md  ini mencerminkan bentuk komitmen Jurusan Teknik Mesin PNP dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi untuk membantu memperkaya pengalaman belajar siswa di SMK Dhuafa Padang. Sekolah ini dihadapkan pada keterbatasan jumlah alat praktikum untuk jurusan kendaraan ringan, dan PKM ini diwujudkan sebagai respons konstruktif terhadap permasalahan tersebut.

Dalam fase awal, tim melaksanakan survei lapangan dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh siswa-siswi TKR dalam mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari. Tim PKM PNP bekerja sama dengan SMK Dhuafa Padang dan memberikan solusi peralatan yang dibuat oleh tim PKM PNP jurusan Teknik Mesin sebagai salah satu wujud nyata membantu pembelajaran di SMK Dhuafa Padang. Kegiatan PKM ini berbentuk penyerahan alat pratikum Trainer Starting System yang efektif dan efisien sebagai alat yang digunakan untuk membantu simulasi pembelajaran di SMK Dhuafa Padang. Diharapkan dengan adanya bantuan peralatan ini siswa-siswi SMK Dhufa Padang dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka menjadi keterampilan praktis yang relevan dal am dunia industri kendaraan bermotor.

Pada tahap implementasi, Ketua Tim dan kawan kawan, secara resmi menyerahkan Alat Trainer Starting System kepada SMK Dhuafa Padang yang diterima oleh kepala Sekolah SMK Dhuafa langsung yaitu ibu Esneti S.Pd,.MM. Dengan adanya alat praktikum baru ini, diharapkan siswa-siswi TKR dapat lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran praktis. Mereka akan memiliki kesempatan untuk melakukan latihan langsung pada sistem starting kendaraan ringan, yang pada saat pratikum akan membantu mereka memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tuntutan industri. Langkah ini juga merupakan contoh nyata sebagaimana kolaborasi antara institusi pendidikan dan pihak eksternal, dalam hal ini SMK Dhuafa Padang dan Politeknik Negeri Padang (PNP), dapat menghasilkan solusi konkret untuk permasalahan pendidikan. Diharapkan bahwa keberhasilan PKM Alat Trainer Starting System ini akan menjadi langkah awal yang menginspirasi upaya serupa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai bidang lainnya khususnya Sumatera Barat.

WhatsApp Image 2023-08-03 at 16.07.27

sumber:  Harian Haluan (https://www.harianhaluan.id/kampus/hh-53201/tim-pkm-teknik-mesin-pnp-serahkan-alat-trainer-starting-kepada-smk-dhuafa-padang/)

Editor: Andri Yusran

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these