Selamat Prof. Dr. Dra. Yuli Yetri, M.Si. Lolos Program Kerjasama Pengembangan Produk Inovasi Tematik Tahun 2024

Padang, 1 Juli 2024 melalui surat Nomor Manual.058/D4/AL.04/2024 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mengumumkan bahwa salah seorang dosen Jurusan Teknik Mesin yaitu Prof. Dr. Dra. Yuli Yetri, M.Si. lolos sebagai satu-satunya dosen Politeknik Negeri Padang yang lolos sebagai penerima Bantuan Program Kerja Sama Pengembangan Produk Inovasi Tematik (A3 Tematik) skema Penelitian Kerja Sama Luar Negeri Tahun 2024.

Hal ini bukanlah hal yang mudah yang dilalui oleh Prof. Yuli, melalui banyak proses dan tahapan yang harus dilalui, proses awalnya beliau harus membuat terlebih dahulu proposal penelitian yang akan beliau ajukan dan proposal tersebut harus mengikuti seleksi oleh pihak Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (APTV). dan tidak hanya sekali beliau juga telah melakukan beberapa kali revisi terhadap proposal tersebut dan juga beliau harus mampu meyakinkan pihak APTV malalui presentasi dan VeKA, dan setelah melalui proses panjang tersebut akhirnya beliau dinyatakan lolos dengan judul proposal “Innovation in the Commercialization of Enviromentally Friendly Supercapacitor Electrodes from Activated Carbon of Theobroma Cacao Peels as a Source of Energy Storage”.

Teknologi yang berkaitan dengan energi terbarukan saat ini sedang berkembang dengan pesat. Hal ini didorong oleh terbatasnya cadangan bahan bakar fosil. Keterbatasan ini mendorong pengembangan teknologi dan pemanfaatan sumber energi lain yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Pemanfaatan sumber energi tersebut membutuhkan media penyimpanan energi karena ketersediaannya terbatas pada waktu atau musim tertentu, seperti misalnya energi matahari yang hanya ada pada siang hari. Penyimpanan dapat membantu distribusi dan meningkatkan efektifitas penggunaan energi yang dihasilkan, misalnya untuk sel surya, energi angin, mobil listrik dan perlengkapan elektronik portabel. 

Bekerja sama dengan Prof. Daisuke Thasima, Ph.D. dari  Department of Electrical Engineering Fukuoka Institute of Technology Jepang diharapkan dan semoga beliau sukses dalam menjalankan penelitian tersebut.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these