JTM PNP Ikut Berpartisipasi dalam Inter- Region Project Bersama PIS Malaysia

Padang, 26 hingga 28 Februari 2024 Politeknik Negeri Padang (PNP) lakukan Inter-Region Project bersama Politeknik Ibrahim Sultan Malaysia (PIS). Project yang bertema Multidisciplanary Social Innovation Inter-Region Project antara Politeknik Ibrahim Sultan, Johor dengan Politeknik Negeri Padang direncanakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Pasir Jambak Koto Tangah Kota Padang yang melibatkan 4 jurusan yang ada di lingkungan Politeknik Negeri Padang yaitu Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Administrasi Niaga.

Project yang didesign menggunakan Desain Thinking tersebut diawali dengan tahap empathize yaitu team melakukan observasi di lapangan dan juga dengan mewawancarai Pokdarwis Pantai Pasir Jambak dan masyarakat pengelola objek wisata Pantai Pasir Jambak. Mahasiswa di bagi perkelompok yang terdiri dari Mahasiswa PNP dan Mahasiswa PIS. Dan setiap kelompok terdiri dari beberapa bidang keahlian antara lain: teknik mesin, elektro, sipil dan pariwisata. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan pada hari kedua dilanjutkan dengan tahap  define, ideate, dan prototype di Kampus Politeknik Negeri Padang. Pada setiap tahap tersebut,  team mempresentasikan ide dan gagasan mereka dihadapan Dosen Pembimbing dari PNP dan PIS . Kegiatan tersebut diikuti oleh Muhammad Irsan dan Miftahul Hasanah dari Program Studi D4 Teknik Manufaktur, Rahil Abde Andika dan Muhammad Yusuf Alhamdani dari Program Studi D3 Teknik Mesin dan 3 orang mahasiswa lainnya dari Program Studi D4 Rekayasa Perancangan Mekanik yaitu Muhammad Ilham, Febriyan Andika dan Rifki Abdul Dhohir. dan mereka  didampingi oleh dosen pembimbing masing-masing bidang yaitu Ir. Menhendry, Dipl.Ing.HTL., M.Eng., Ir. Zulhendri, ST.,MT., Ruzita Sumiati, ST.,MT., Fardinal, SST.,M.PdT., Dr. Elvis Adril, ST.,MT., Hendri Candra Mayana, S.T., M.T., dan Yuliarman, S.T., M.T.

Dan berdasarkan design thinking tersebut PNP bersama PIS Johor Malaysia, membuat rancangan alat pemijah sampah solar panel yang dilengkapi dengan alat penyaring sampah dengan teknologi tinggi danjuga mendesain landmark pantai berciri khas penyu untuk menarik wisatawan berkunjung, dan desain penunjang pariwisata lainnya. Rancangan ide tersebut dipresentasikan  dihadapan Pokdarwis, Pemerintah dan juga team CSR PT. Semen Padang.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these