Jurusan Teknik Mesin Berikan Pelatihan Aplikasi CAD CAM ZW3D Berlisensi Bagi SMKS Dhuafa Padang

Padang, 8-9 Agustus 2023 Tim Pengabdian Penerapan Iptek Masyarakat (PIM) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang yang diketuai oleh Bapak Alfian, S.ST.,MT berikan pelatihan berlisensi bagi siswa dan guru SMKS Dhuafa Padang. Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium Automasi dan Komputer merupakan perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan oleh dosen, prakom, dan mahasiswa program studi D3 Teknik Mesin. Pengabdian yang dibuka langsung oleh ketua Jurusan Teknik Mesin Bapak Menhendry, Dipl.Ing.HTL., M.Eng. diikuti oleh 3 orang guru dan 6 orang siswa serta didampingi oleh anggota tim lainnya yaitu Bapak Rakiman, ST.,MT dan Bapak Dr. Junaidi, ST.,MP dan juga oleh beberapa orang mahasiswa.

Sekolah SMKS Dhuafa Padang merupakan lembaga pendidikan yang meyelenggarakan Pendidikan vokasi dalam bidang Teknik Mesin, Teknik Listrik dan Teknik Sipil. Sekolah SMK Dhuafa Padang beralamat di Jl. M. Thamrin No. 93 Padang Telp. (0751) 39895. SMK Dhuafa Padang berdiri untuk menyelamatkan anak-anak yang tidak mampu tapi memiliki motivasi sekolah yang tinggi. 

Pelatihan Aplikasi Cad Cam ZW3D berlisensi bagi Siswa SMKS Dhuafa Padang, adalah sebagai bentuk transfer informasi dan pengetahuan tentang gambar Teknik dan program g code pada mesin CNC. “Pengetahuan desain sudah menggunakan aplikasi pendukung dengan menggunakan computer. Aplikasi CAD ini dapat memberikan kemudahan dalam membuat sebuah rancangan alat beserta dengan komponennya. Hasil desain komponen yang dibuat dilanjutkan sampai ke bentuk gambar kerja yang siap untuk di produksi pada pemesinan. Untuk pekerjaan dengan mesin CNC dapat langsung dikerjakan dengan aplikasi CAM yang dapat melakukan translate dari Bahasa gambar ke Bahasa program G code yang digunakan pada mesin CNC.”

Kontribusi dan sasaran dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan anggota civitas Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang adalah, antara lain, sosialisasi dan peningkatan pengetahuan Guru dan siswa SMKS Dhuafa Padang, tentang aplikasi CAE, CAD, CAM dan CNC dalam proses manufaktur.

Sasaran yang akan dicapai untuk para peserta adalah agar mampu menggunakan aplikasi Computer Aided Engineering (CAE) yaitu ZW3D, mampu membuat gambar dalam bentuk 2D, pada Computer Aided Desain (CAD). Mampu membuat gambar dalam bentuk 3D, pada Computer Aided Desain (CAD). Mampu membuat gambar assembly, pada Computer Aided Desain (CAD), bisa membuat Computer Aided Manufakturing (CAM), serta mampu membuat program Computer Numerically Control (CNC).

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these