Kuliah Umum, Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa PKL Prodi D3 Teknik Mesin

Padang, 25 Januari 2023 tepatnya di Ruang Pertemuan Gedung C Kampus Politeknik Negeri Padang, Jurusan Teknik Mesin lakukan kuliah umum dalam rangka meningkatkan dan menambah pengetahuan mahasiswa serta meningkatkan motivasi mahasiswa untuk mampu bersaing di dunia kerja. Kuliah umum yang di narasumberi oleh Armen, S.ST. Beliau merupakan SPV Safety OSBL & UTL di PT. Kilang Pertamina Internasional RU II  yang juga merupakan alumni Teknik Mesin PNP 2001 tersebut dilakukan secara daring dikarenakan kesibukan dan keterbatasan narasumber dan lain hal.

Dalam kuliah umum yang dimoderatori oleh sekretaris jurusan Bapak Fardinal, SST.,M.PdT tersebut narasumber berpesan kepada mahasiswa untuk selalu meningkatkan hardskill penting yang harus kita miliki yaitu ilmu-ilmu yang dipelajari selama perkuliahan, ketelitian dan tapat waktu, dan hal lain yang tak kalah penting yaitu untuk selalu menambah softskill, karena didunia kerja pintar saja tidak cukup tapi kita juga harus bisa menjalin kerjasama, harus mampu bersosial dengan rekan kerja. Tak lupa beliau memotivasi mahasiswa untuk lebih giat dalam perkuliahan agar bisa bekerja di PT Kilang Pertamina Internasional yang merupakan subholding Pertamina di bisnis Refining & Petrochemical. Perusahaan yang berkomitmen mendukung terwujudnya Proyek Strategis Nasional untuk meningkatkan ketahanan energi dalam penyediaan energi yang lebih ramah lingkungan.

Setelah mahasiswa dimotivasi dan diberikan arahan dalam dunia kerja, yang merupakan bentuk bekal mereka nanti terjun kelapangan saat  melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL). Karena PKL merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa dalam perkuliahannya. Ketua jurusan Bapak Menhendry, Dipl.Ing.HTL., M.Eng. yang didampingi Koordinator Program Studi D3 Teknik Mesin Bapak Nofriadi, ST.,MT resmi melepas mahasiswa tahun 3 ke perusahaan-perusahaan yang telah dipilih oleh mahasiswa untuk melaksanakan PKL.

Praktek Kerja Lapangan yang dijadwalkan selama 3 bulan tersebut didampingi oleh masing-masing pembimbing yang telah ditunjuk oleh jurusan. Diharapkan dalam pelaksanaan PKL nanti dilapangan mahasiswa diharapkan mampu menjaga nama baik instansi yaitu kampus Politeknik Negeri Padang. Mahasiswa harus mampu mencerminkan kepribadian tangguh yang telah diajarkan selama perkuliahan dan pelepasan tersebut diakhiri dengan foto bersama.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these